"BLANKON" MEDIA BELAJAR PERIKANAN RAMAH LINGKUNGAN

Ditulis oleh Gede Agus Surya Pratama, S.St.Pi, MP on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

 

blankon1Akuakultur merupakan kegiatan pemeliharaan ikan dalam wadah dan sistem terkontrol dengan tujuan peningkatan produksi perikanan yang berkelanjutan, sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Ada banyak cara untuk menghasilkan keuntungan yang besar dan dapat meningkatkan produksi secara berkelanjutan dalam usaha budidaya perikanan, salah satu caranya adalah budidaya ikan dengan sistem aquaponik.

Aquaponik adalah sistem produksi pangan berkelanjutan yang menggabungkan budidaya tradisional (membesarkan biota seperti lobster, ikan atau udang dalam bak atau kolam) dengan hidroponik (budidaya tanaman dalam air) di dalam lingkungan simbiosis. Sistem aquaponik terdiri atas beberapa komponen atau sub sistem untuk penghilangan limbah padat, penyuplai basa untuk menetralkan keasaman, atau pengatur kandungan oksigen air. Komponen tersebut anatara lain, (1) tangki pemeliharaan ikan atau kolam, (2) unit penangkap dan pemisahan limbah padat (sisa pakan dan fases), (3) bio filter, tempat dimana bakteri nitrifikasi tumbuh dan mengkonversi amonia menjadi nitrat yang dapat digunakan oleh tanaman (4) subsistem hidroponik adalah bagian dari sistem dimana tanaman tumbuh dengan menyerap kelebihan hara dari air, (5) Sump : titik terendah dalam sistem dimana air mengalir ke dan dari yang dipompa kembali ke tangki pemeliharaan.

blangkon2Teknologi ini pada prinsipnya disamping menghemat penggunaan lahan dan air juga meningkatkan efisiensi usaha melalui pemanfaatan hara dari sisa pakan dan metabolisme ikan, serta merupakan salah satu sistem budidaya ikan yang ramah lingkungan. Sebagai upaya memperkenalkan inovasi "BLANKON" ini telah dipamerkan pada acara tanggal 13 s/d 14 November 2013. Acara Gelar Pelatihan Nasional bertujuan untuk memperkenalkan inovasi, teknologi, dan terobosan baru mengenai Budidaya Perikanan, Permesinan Perikanan, Penangkapan Ikan, Pengolahan Ikan dan Pengelolaan Sumberdaya Perikanan, seperti : BLANKON (Blue Ekonomi Dengan Akuaponik), Pembuatan Batik Mangrove, Pengolahan Ikan Bandeng Tanpa Duri, Pengolahan Bakasang, pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan, Perawatan dan Pengoperasian Mesin Pendingin.

 

 

Sumber :

Ratannanda. R. 2011. Penentuan Waktu Retensi Sistem Aquaponik Untuk Mereduksi Limbah Budidaya Ikan Nila (Oreochromis sp). IPB. Bogor.

Artikel Aquaponik Judul ; Bertani Ala Aquaponik selasa 4 Desember 2012

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker