MODEL EVALUASI OUT COME KEGIATAN PELATIHAN

Ditulis oleh Achmad Subijakto, A.Pi, MP on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

 

 

tesEvaluasi merupakan suatu proses sistematik untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efisiensi suatu kegiatan.  Evaluasi dapat dilaksanakan pada kurun waktu tertentu setelah selesainya kegiatan yang telah dilaksanakan.  Pada evaluasi pelatihan, tidak hanya menyangkut kegiatan pelatihan itu sendiri tetapi juga melakukan evaluasi pasca pelatihan.  Dalam hal ini, evaluasi pasca pelatihan biasanya adalah untuk mengukur capaian keberhasilan pelatihan dan termasuk diantaranya adalah mengukur tingkat manfaat kegiatan itu sendiri.  Jadi disamping untuk mengukur keberhasilan kegiatan, juga dapat dilakukan untuk mengukur tingkat manfaat.

Pengukuran tingkat keberhasilan sangat penting sebagai bentuk tanggung jawab melaksanakan kegiatan pelatihan yang akuntabel.  Hal ini disebabkan karena pelatihan adalah suatu proses untuk menumbuh kembangkan pengetahuan (knowledge), Sikap (affectif) dan keterampilan (psikomotorik) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja dari setiap individu.  Meningkatnya kinerja individu tentu akan memperkokoh kemampuan seseorang agar tetap mampu berkompetisi di era persaingan global.

Perkembangan konsep evaluasi yang ada pada saat ini menunjukkan arah yang lebih luas. Konsep tersebut pada umumnya berkisar pada pandangan bahwa evaluasi tidak hanya diarahkan kepada tujuan diklat yang ditetapkan, tetapi juga terhadap tujuan-tujuan yang tersembunyi, termasuk pengaruh lain  yang mungkin timbul.  Evaluasi juga tidak hanya melalui pengukuran perilaku peserta diklat, tetapi juga melakukan pengkajian terhadap komponen-komponen diklat, baik masukkan – proses – keluaran.  Evaluasi tidak hanya dimaksudkan untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, tetapi juga untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan tersebut penting bagi peserta diklat dan bagaimana peserta mencapainya.

Secara umum evaluasi adalah suatu proses sistematik untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efisiensi suatu program. Dalam konteks evaluasi di lingkungan diklat, terdapat tiga istilah yang memiliki arti berbeda karena tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu istilah pengukuran (measurement), penilaian (evaluation) dan pengambilan keputusan (decision making). Ketiga istilah ini berkaitan erat dan merupakan suatu rangkaian aktivitas dalam evaluasi dalam pelatihan.

Pengukuran adalah suatu prosedur untuk mendapatkan informasi atau data secara kuantitatif, dengan pemberian angka kepada suatu sifat atau karakteristik tertentu kepada seseorang berdasarkan aturan tertentu. Hasil pengukuran berupa data kuantitatif dalam bentuk angka-angka (skor). Oleh karena itu, dalam pengukuran dibutuhkan adanya alat ukur (instrumen) yang digunakan untuk mengumpulkan data. Sifat dari pengukuran adalah obyektif. Pengukuran tidak membuahkan nilai atau baik buruknya sesuatu, tetapi hasil pengukuran dapat dipakai untuk penilaian atau evaluasi.

Penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui apakah suatu program telah berhasil dan efisien. Penilaian bersifat kualitatif untuk menentukan apakah sesuatu (seseorang) tergolong kategori baik atau kurang, tepat atau tidak tepat, dan kualitas lainnya. Penilaian pada dasarnya adalah pemberian pertimbangan (judgement) terhadap skor atau angka-angka yang diperoleh melalui pengukuran. Dengan demikian dalam pertimbangan memuat faktor-faktor yang bersifat subyektif dalam kadar tertentu (relatif).

Dari pengertian tersebut, jelas terlihat adanya tingkatan yang berbeda. Pengukuran tidak membuahkan nilai atau baik buruknya sesuatu, tetapi hasil pengukuran dapat dipakai untuk membuat penilaian. Penilaian memerlukan data yang baik mutunya dan salah satu sumbernya adalah hasil pengukuran. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa penilaian tetap dilakukan meskipun tanpa didahului oleh pengkuran. Demikian pula halnya dengan pengambilan keputusan. Keputusan yang baik memerlukan hasil penilaian yang baik.

 

Model Evaluasi dapat dilihat di : 

http://www.ziddu.com/download/23613575/EVALUASI.doc.html

 

ilustrasi gambar : http://indahtree.blogspot.com/2013/01/apa-itu-tes-asesmen-pengukuran-dan.html

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker