MENETUKAN POSISI KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN RADAR

Ditulis oleh Roni Paslah, S.ST.Pi on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

Oleh : Roni Paslah, S.St.Pi (Instruktur Pertama BPPP Banyuwangi)

 

Radar Merupakan salah satu Peralatan Navigasi Elektronik, Radar singkatan dari “Radio Detection and Ranging” adalah peralatan navigasi elektronik terpenting dalam pelayaran. Pada dasarnya radar berfungsi untuk mendeteksi dan mengukur jarak suatu obyek di sekeliling kapal. Disamping dapat memberikan petunjuk adanya kapal, pelampung, kedudukan pantai dan obyek lain disekeliling kapal, alat ini juga dapat memberikan baringan dan jarak antara kapal dan objek-objek tersebut. Dari Pengertian Tentang Radar diatas radar sangat bermanfaat untuk mengetahui kedudukan kapal lain sehingga dapat membantu menghindari/ mencegah terjadinya tabrakan dilaut. Selain fungsi-fungsi diatas radar dapat juga digunakan untuk menetukan posisi kapal pada saat kita berlayar.

Penentuan posisi kapal  baringan dgn baringan mengunakan radar

Dalam menetukan posisi kapal dengan baringan dan baringan  hal yang paling penting diperhatikan adalah objek atau titik yang dibaring haruslah dikenal misalkan suatu tanjung atau suar yang tertera di peta, pada saat membaring dengan menggunakan radar gunakan tombol EBL kemudian  baca besar sudut baringan yang tertera pada layar radar, selanjutnya pindahkan hasil baringan di radar ke peta pelayaran yang kita gunakan pada saat berlayar .

Adapun alat yang harus disiapkan dalam menentukan posisi kapal dengan menggunakan radar adalah sebagai berikut:

p1

P2

Langkah penentuan posisi kapal

Pada gambar dibawah ini terdapat 2 buah garis baringan yaitu garis baringan pertama (1) terhadap mercu suar P. Sumba adalah B1 dan garis baringan kedua (2) terhadap Tanjung Bantal adalah garis B 2 pada saat melakukan membaring dengan radar gunakan tombol EBL kemudian baca besar sudut baringan  . Jika kedua baringan tersebut dilakukan bersamaan waktu dan tanpa salah, maka titik potong kedua garis baringan (B1 dan B2) merupakan posisi kapal ( P ).

P3

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker