PROBLEM MESIN DIESEL DAN SOLUSINYA

Ditulis oleh Gusti Kade Adiatmika on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

Oleh : Gusti Kade Adiatmika (KKM K.M. Marlin Balai Diklat Perikanan Banyuwangi)

Mesin diesel yang selalu digunakan dan bertambahnya umur pakai tidaklah selalu baik performanya sehingga akan terjadi beberapa problem sehingga diperlukan perawatan khusus untuk menjaga kestabilan performa. Adapun beberapa kasus umum kerusakan dan cara penangulangan pada mesin diesel sebagai berikut:

1. Kejadian mesin tidak dapat dinyalakan.

  1. Tuas engkol tak dapat digerakkan oleh pasokan udara atau terlalu berat untuk dinyalakan. Penyebabnya viskositas dari pelumas tidak cocok, bagian-bagian mesin saling melekat atau terlalu rapat pemasangannya. Penaggulangannya periksa viskositas, panaskan pelumas, bongkar dan pasang kembali bagian-bagian mesin.
  2. Tuas engkol tidak dapat berputar oleh pasokan udara, tapi penyalaan dapat berjalan lancar. Penyebabnya tekanan dari tangki udara terlalu kecil. Penanggulangannya pasokan udara dari kompresor harus melebihi 20kg/cm² dalam tangki.
  3. Tuas engkol berputar oleh pasokan udara tapi mesin tidak menyala, dan seperti ada kerusakan pada irjeksi bahan bakar.Penyebabnya udara bercampur dengan bahan bakar, tertutupnya saringan bahan bakar atau pipa, kerusakan pompa injeksi bahan bakar atau kualitas bahan bakar yang buruk. Penanggulangannya alirkan udara melalui pipa, bersihkan saringan bahan bakar, periksa dan koreksi pompa injeksi bahan bakar, ganti dengan bahan bakar yang berkualitas baik.

Artikel selanjutnya dapat diunduh di : Problem Dan Solusi Operasi Mesin Diesel.pdf

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker