BAGAIMANA MENGUKUR MANFAAT SEBUAH PELATIHAN (Sebuah Pendekatan dengan Metode Analisis Return of Trainning Investment/ RoTI)

Ditulis oleh Gede Agus Surya Pratama, S.St.Pi, MP on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

Oleh :
Madyunin, MP dan Ir. Sumartin, MP Widyaiswara Madya BPPP Banyuwangi

web publisBalai Diklat Perikanan Banyuwangi dalam kurun waktu enam tahu terakhir 2010-2015 mengalami peningkatan jumlah output Diklat secara signifikan, dengan output Diklat selama enam tahun 25.416 orang. Adalah sebuah angka yang cukup besar untuk ukuran lemnbaga pelatihan setingkat eselon III di lingkup Badan SDM Kelautan dan Perikanan. Trend peningkatan jumlah output pelatihan Balai Diklat Perikanan banyuwangi dari tahun 2010 sd 2015 seperti grafik di bawah ini :

Pertanyaan yang muncul adalah sudah seberapa besar manfaat yang diperoleh dari hasil pelatihan dibandingkan dengan besar biaya yang dikeluarkan
dalam rangka membiayai pelatihan tersebut? Pertanyaan berikutnya, lalu bagaimana caranya kita bisa mengukur manfaat dari hasil pelatihan tersebut secara ekonomi? Untuk bisa menjawab dua pertanyaan tersebut, tulisan berikut ini mudahmudahan bisa memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Untuk lebih lengkapnya file dapat di download di sini :

http://www.portal.bpppbanyuwangi.com/attachments/article/0/Analisis%20RoTI%20Web%20final.pdf

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker