MASA DEPAN MASYARAKAT PESISIR SUMBA TIMUR, NUSA TENGGARA TIMUR TERNYATA ADA DI LAUT

Ditulis oleh Gede Agus Surya Pratama, S.St.Pi, MP on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

 

Madyunin,SP,MP - Widyaiswara Madya Balai Diklat Perikanan Banyuwangi

 

CRZ9IwkUYAERmWiKabupaten Sumba Timur merupakan salah satu dari wilayah kerja binaan Balai Diklat Perikanan Banyuwangi yang secara geografis merupakan salah satu pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Australia. Perhatian Balai Diklat Perikanan Banyuwangi memiliki prioritas lebih dibandingkan dengan Kabupaten/Kota yang lain, hal ini ditunjukkan dengan mengalokasikan frekuensi pelatihan di Kab. Sumba Timur  ini  hingga dua angkatan yaitu Diklat Budidaya Perikanan dan terakhir tanggal 12 sd 17 Oktober  2015 Diklat Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan.dengan Jaring Insang. Gegiatan pelatihan penangkapan ikan ramah lingkungan disambut dengan antusias oleh peserta pelatihan yang merupakan nelayan di Desa Mondu Kecamatan Kanatan.  

Dari  hasil praktek pembuatan jaring insang, hasilnya  diujicobakan sebanyak  lima set/unit untuk untuk operasi penangkapan ikan dengan menggunakan perahu milik nelayan selama dua hari, dengan empat (4) kali penurunanan alat tangkap/seting. Dari hasil ujicoba diperoleh  hasil tangkapan dengan jenis ikan-ikan pelagis pada hari pertama, karena  pada pengoperasian hari pertama alat tangkap jaring insang  diset sebagai jaring insang permukaan.  

WEB1Dari hasil praktek pembuatan jaring insang oleh peserta pelatihan, kemudian peserta pelatihan melanjutkan uji coba penangkapan guna untuk membuktikan hasil pelatihannya dengan bimbingan para pelatih dari Balai Diklat Perikanan Banyuwangi berjumlah  empat orang, semakin meyakinkan dan optimism  nelayan peserta Diklat bahwa  melalui pelatihan nelayan akan mampu meningkatkan keterampilnya yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan penghasilannya melalui program Diklat.

 

Selengkapnya :

Download this file (Masa Depan ada di Laut.pdf)Masa Depan Ada di laut

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker