PESTISIDA NABATI UNTUK MENANGGULANGI HAMA DAN PENYAKIT IKAN

Ditulis oleh Ir. Sri Astutik on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

 

Morinda-citrifolia-Noni

 

 

Ir. Sri Astutik - Instruktur Muda Balai Diklat Perikanan Banyuwangi

Dengan kemajuan teknologi perikanan seperti sekarang ini, masalah yang sering dihadapi adalah persoalan ekologi. Lingkungan menjadi rusak karena ekosistem yang ada di dalamnya terganggu oleh dampak penggunaan pestisida kimia. Jika tidak segera diatasi, pada akhirnya akan berdampak pada terganggunya rantai makanan makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut. Misalnya, di satu sisi, akan ada ledakan pertumbuhan makhluk hidup tapi di sisi lain, justru ada spesies yang musnah karena penggunaan pestisida kimia.

Seperti halnya dengan manusia, ikan juga akan mengalami sakit atau terserang hama jika kondisi fisiknya tidak baik. Ini karena ada perubahan cuaca atau memang sejak awal bibit yang ditebar tidak baik dan mudah terserang penyakit. Bisa juga, hal ini disebabkan oleh kondisi lahan yang kurang mendukung. Untuk mengatasi semua masalah itu, kita memerlukan obat-obatan. Pemilihan obat ini tentu saja bergantung pada jenis penyakitnya. Penggunaan obat ini juga haruslah diperuntukkan membasmi hama ikan secara selektif dan seminimal mungkin merugikan organisme yang ada di sekelilingnya.

Apabila terpaksa menggunakan pestisida kimia, kita harus menggunakan sesuai dengan takaran yang tepat. Jika tidak, hal ini akan menimbulkan kerugian. Misalnya, air dan tanah bisa tercemar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan makhluk lainnya yang ada di sekitarnya. Guna mengatasi ketidakseimbangan ekosistem akibat pestisida kimia, kita bisa menggunakan pupuk alternatif yang lebih ramah lingkungan atau biasa disebut pestisida organik atau nabati karena berasal dari tumbuh-tumbuhan atau bahan non kimia lainnya yang aman dan mudah terurai.

Pestisida nabati ini merupakan pemecahan jangka pendek untuk mengatasi masalah hama dan penyakit dengan cepat, tanpa harus merusak ekosistem. Para pembudidayapun bisa dengan mudah membuatnya karena bahan baku yang digunakan ada di sekitar mereka. Karena bahan-bahannya memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar kita, biaya yang dikeluarkan pun sangat minim.

Saat ini telah teridentifikasi sekitar 40 jenis tumbuhan yang berpotensi sebagai pestisida nabati. Jumlah ini baru 2.6% dari total 1.500 tumbuhan di seluruh dunia yang berpotensi sama sebagai pestisida nabati. Berikut beberapa tanaman yang dapat dipergunakan sebagai pestisida nabati pada ikan.

 

 

Artikel selengkapnya dapat diunduh di :

 
Download this file (doc.pdf)PESTISIDA NABATI UNTUK MENANGGULANGI HAMA DAN PENYAKIT IKAN  

 

Ilustrasi Foto : medplants.blogspot.com

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker