LAMPU CELUP DALAM AIR (LACUDA) TEKNOLOGI APLIKATIF UNTUK OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBERDAYA KEMARITIMAN

Ditulis oleh Madyunin, SP, MP on . Posted in Artikel Kelautan dan Perikanan

 

Oleh :

Madyunin, SP,MP

Widyaiswara Madya Balai Diklat Perikanan Banyuwangi

 

 

lampu lacudaSesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor Per.02/Men/2011, Tentang Jalur Penangkapan Ikan Dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia,Pasal 18 Alat Bantu Penangkapan Ikan terdiri dari Rumpon; dan Lampu; yang selanjutnya diperjelas dalam Pasal 20 ayat (1) Lampu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 huruf b merupakan alat bantuuntuk mengumpulkan ikan dengan menggunakan pemikat/atraktor berupa lampuatau cahaya yang berfungsi untuk memikat ikan agar berkumpul.

Teknologi Lacuda yang sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan kepada para nelayan, tetapi dalam perjalannanya teknologi ini kurang berkembang, hal ini disebabkan karena nelayan beranggapan bahwa teknologinya terlalu sulit dan jika terjadi kerusakan pada Lacuda , nelayan mengalami kesulitan untuk melakukan perbaikan. Pada sisi lain apabila nelayan menginginkan untuk membeli Lacuda banyak mengalami kendala seperti sulitnya mencari toko yang menjual Lacuda, selain harganya masih relative mahal.

Dengan perkembangan teknologi di bidang material, persoalan persoalan yang dihadapi para nelayan dalam pembuatan Lacuda dapat diatasi melalui pelatihan.

Sebagai salah satu bentuk upaya mempercepat terwujudnya kejayaan dibidang maritim, yaitu dengan mengaktualisasikan program Blue Economy –nya, Balai Diklat Perikanan Banyuwangi telah mengembang dan melatihkan teknik pembuatan Lacuda dengan metode yang disederhanakan, sehingga memungkinkan bagi para nelayan dengan memanfaatkan material yang tersedia disekitarnyabisa membuat Lacuca dengan baik dan benar.

Sumberdaya Perikanan khususnya laut kita, hampir di semua WPPNRI diperbolehkan menggunakan ABPI yang berupa Lampu. Tabel dibawah ini merupakan beberapa jenis alat penankap ikan yang menggunakan ABPI yang berupa lampu dan diperbolehkan digunakanpadadaerah penangkapan ikan sesuai Permen KP No.02/2011.

Berdasarkan data luasan area yang boleh memanfaatkan lampu sebagai alat bantu penangkapan ikan, maka kita perlu terus memperkenalkan/melatihkan teknologi Lacuda kepada para nelayan, guna untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas usaha penangkapannya.

 

Artikel selengkapnya dapat diunduh di Artikel Lacuda

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker