KEGIATAN UJI KOMPETENSI BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO FAKULTAS PERTANIAN JURUSAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

img1Dalam mendukung program prioritas nasional penciptaan SDM kompeten melalui sertifikasi kompetensi. Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi bekerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura mengadakan kegiatan sertifikasi kompetensi bagi Mahasiswa jurusan Kelautan dan Perikanan, dalam kegatan kerjasama sertifikasi ini BPPP Banyuwangi Berperan Sebagai TUK (Tempat Uji Kompetensi) dimana TUK BPPP Banyuwangi merupakan TUK yang telah mendapatkan Lisensi dari LSP-KP sebagai Tempat Uji Kompetensi Bidang Kelautan dan Perikanan.

Sertifikasi kompetensi SDM KP sebagai proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, Standar Internasional dan/atau Standar Khusus ini adalah bukti tertulis yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi profesi terakreditasi yang menerangkan bahwa seseorang telah menguasai kompetensi kerja tertentu sesuai dengan SKKNI, yang bermanfaat bagi pekerja maupun calon tenaga kerja sebagai bukti atas kompetensi yang dimiliki dan bertambahnya nilai jual dalam rekrutmen tenaga kerja, serta kesempatan berkarir yang lebih besar.

Kegiatan sertifikasi kompetensi bagi Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura  di dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Kelautan Dr. Agus Romadhon, S.P, M.Si di Gedung Auditorium Universitas Trunojoyo Madura. Dalam sambutannya Dr. Agus Romadhon, S.P, M.Si memberikan apresiasi dan ucapan trimaksih kepada BPPP Banyuwangi dan BNSP  atas teselenggaranya kegiatan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswanya, harapannya kerjasama ini terus berlanjut sehingga lulusan dari Universitas Trunojoyo selain dibekali ijazah juga memiliki sertifikat kompetensi sebagai modal dalam bersaing di dunia kerja.

img2Kegiatan Sertifikasi Kompetensi di laksanakan di TUK Sewaktu Universitas Trunojoyo Madura mulai tanggal 9 s/d 11 Mei 2018 ,diikuti sebanyak 104 peserta. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi ini menggunakan anggaran APBN melalui program Pelaksanaan Sertifikasi Sektor (PSS) BNSP . Penilaian kompetensi dilakukan oleh asesor yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional sertifikasi Profesi (BNSP).

Ada enam skema sertifikasi kompetensi yang disajikan yaitu :

  1. Operator budidaya ikan
  2. Operator budidaya udang
  3. Operator pengolahan hasil
  4. Pengelola kawasan konservasi perairan
  5. Operator Budidaya Rumput Laut
  6. Operator Pengolahan udang

Pelaksanaan sertifikasi kompetensi berjalan dengan lancar dimana seluru peserta yang mengikuti kegiatan penuh semangat dan sangat antusias. [RP/Red]